Sabtu, 18 September 2010

Pembakaran Al-Qur'an dan Penusukan Jemaat HKBP Ciketing

Mungkin sebagian dari lo udah pada tau tentang dua berita yang menggegerkan umat beragama sekalian. Tapi buat yang belom tau, silahkan baca berita yang gue copy dari http://m.inilah.com/berita/2010/09/14/820111/gila-al-quran-jadi-di-bakar-di-amerika

INILAH.COM, Springfield - Pembatalan aksi pembakaran Al Quran di Amerika Serikat cuma omong kosong, buktinya dua pendukung Pendeta Terry Jones tetap melakukan aksi tersebut.

Pelakunya adalah Pendeta Bob Old dan Pendeta Danny Allen, keduanya membakar Al Quran pada Sabtu (11/9) di hadapan sekelompok orang yang sebagiannya merupakan awak media.

Kedua pendeta itu menyiram dua buah Al Quran dan sebuah teks Islam lainnya dengan cairan pembakar, lalu menyulutnya dengan api. Mereka menyaksikan bersama-sama kitab suci umat Islam itu menjadi abu.

Aksi dua pendeta itu dilakukan di pekarangan belakang kediaman Old si Springfield. Mereka mengatakan aksinya merupakan pesan dari Tuhan.

Old mengatakan bahwa gereja telah mengecewakan banyak orang karena tidak mendukung aksinya. "Saya yakin bahwa sebagai negara kita berada dalam bahaya," ujarnya sebagaimana dikutip media online Tennessean.com (12/10).

"Ini adalah buku berisi kebencian, bukan cinta," katanya sambil memegang Al Qur`an sebelum kemudian membakarnya.

"Ini adalah kitab palsu, Nabi Muhammad adalah nabi palsu dan itu merupakan wahyu palsu," tambahnya.

Kedua pendeta itu lantas melakukan apa yang disebutnya sebagai "demonstrasi damai" dengan sedikit gegap gempita. Delapan orang wartawan ikut menyaksikan aksi kedua rohaniwan gereja itu. [tennessean.com/mah]

Itulah sedikit cerita tentang tragedi pembakaran Al-Qur'an di Springfield, Amerika.

Sekarang mari kita liat tragedi yang terjadi di Ciketing, Bekasi tentang penusukan jemaat di HKPB Ciketing

TEMPO Interaktif, Jakarta - Gerakan Peduli Pluralisme mengatakan, banyak versi kronologis kejadian penusukan jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ciketing Bekasi yang terjadi pada Ahad (12/9) silam. Hal itu diungkapkan Koordinator Gerakan Peduli Pluralisme (GPP), Damien Dematra usai bertemu Majelis Ulama Indonesia di kantor MUI, Jakarta, Ahad (18/9).

"Yang kami temukan ada sekitar tiga versi kronologis," ujarnya kepada wartawan mengurai sedikit hasil investigasinya.

Damien mengungkapkan, versi pertama adalah terjadi penusukan yang dilakukan sekelompok orang terhadap seorang jemaat HKBP. Versi kedua adalah terjadi pergumulan sebelum terjadi insiden penusukan. Dan, versi ketiga adalah penusukan dilakukan oleh seseorang yang tidak dikenal oleh kedua pihak yang sedang bergumul.

"Namun versi kejadian ini tentunya merupakan ranah kepolisian untuk mendalami," ujarnya.
Damien berharap masyarakat untuk bisa jernih melihat peristiwa ini. Banyak hal yang belum diungkap dalam peristiwa Ciketing. "Akar masalah seharusnya menjadi fokus utama perhatian kita semua," ujarnya.

Menanggapi itu, Ketua MUI Amarullah Ahmad meminta, semua elemen bisa menjaga kerukunan antar umat beragama. Potensi perpecahan memang bisa ada, namun dengan sikap tenggang rasa dan rasa persatuan semuanya diyakini bisa teratasi. "Saling menghormati jadi kunci," ujarnya.

SANDY INDRA PRATAMA
http://www.tempointeraktif.com/hg/hukum/2010/09/18/brk,20100918-278890,id.html

Well, dua masalah ini sangat bisa buat jadi bahan adu domba masyarakat antar umat beragama. Karena agama adalah hal yang sakral, dasar, namun sensitif.
Mereka yang membakar Al-Qur'an di Springfield ataupun yang menusuk jemaat HKBP di Bekasi bukan penganut agama mereka masing-masing dengan baik. Kalo mereka bilang mereka adalah penganut yang baik dan mengerti betul tentang ajaran agama mereka, MEREKA BOHONG!!!!.

Seorang penganut agama yang baik tidak akan membuat agamanya terdengar tercela di mata orang lain dan seorang penganut agama yang baik ga akan membiarkan orang menghina agamanya dan seorang penganut agama yang baik sadar betul bahwa perilaku mereka menggambarkan agama yang mereka anut.

Mereka yang melakukan tindakan bodoh seperti diatas adalah mereka yang mengkhianati Tuhan dan agama mereka. Kenapa? Karena mereka udah mempermalukan agama mereka dan membuat image Tuhan mereka jadi jelek di mata publik. Padahal, bukan ajarannya yang salah, pelaku ajarannya yang salah. Mungkin sewaktu pelajaran agama mereka tertidur lelap atau sbuk online facebook maupun twitter sehingga mereka lupa atau ga denger apa yang disampein gurunya di kelas.

Satu hal yang kita tau bareng-bareng adalah Ga ada satu agamapun yang mengajarkan umatnya untuk berbuat anarkis dan bertindak tidak baik terhadap sesama mahluk tuhan paling sexy. Gue bukan membenarkan semua ajaran agama, tapi gue mengatakan bahwa semua agama mengarahkan orang untuk menjadi orang baik. Semua agama benar di mata penganutnya, itu pasti. Tapi yang ga pasti adalah, apakah penganutnya melaksanakan ajaran agamanya dengan baik??

Seriously guys, pembakaran Al-Qur'an di Springfield dan Penusukan Jemaat HKBP di Ciketing ga mencerminkan agama Kristen dan Islam sama sekali. Mereka cuma orang yang ga mengerti maksud ajaran agamanya tapi sok membela agamanya dengan berani. Udah nekat, salah, dosa lagi. Dapet apa mereka selain dapet kecaman dari orang banyak dan Tuhannya sendiri ??ini yang lebih parah

Gue sebagai pemeluk Islam, gue ga pernah nemuin perintah untuk membunuh atau menghabisi nyawa sesama manusia. Jangankan manusia, bahkan Islam pun melarang umatnya untuk membunuh binatang yang ga merugikan kita. Seharusnya penganut islam yang belajar islam secara benar tau hal itu, harusnya. Dan gue yakin, ga ada satupun ajaran Kristen yang menyuruh umatnya untuk membakar kitab agama lain dan menghina agama tersebut. Semua agama mengajarkan umatnya untuk menjaga satu sama lain dan menciptakan kedamaian di muka bumi ini. Kita semua tau itu.

Menjaga kedamaian bukanlah hal merugikan untuk kalangan manapun. Damai adalah salah satu misi dari agama apapun di dunia ini. Damai itu indah. Damai adalah impian semua orang di dunia. Damai adalah ketenangan hidup. Damai adalah tujuan akhir power ranger ketika menumpas monster-monster keji.

Alright, berhubung omongan gue udah mulai ngaco dan pop mie gue udah mulai dingin, kita lanjutkan lagi lain kali diskusi kita dengan tema lain di tempat yang sama, di notes gue disini. Bye guys!

Keep Peaceful.



Tribute to my lovely God <3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar