Jumat, 17 September 2010

Anak = Hasil Didikan

Bukan, itu bukan anak gue, tapi gue berharap anak gue selucu itu nantinya ngarep lu, feb. Bapaknya siapa cobaaaaaa. Well, itu cuma harapan gue. Aslinya, ga tau deh.

Anak adalah titipan orang tua, itu kata sebagian orang. Tapi buat gue, anak itu mengandung banyak arti buat orang tuanya. Bisa jadi ujian, anugerah, hadiah, bencana, ataupun biasa aja. Nah, tergolong anak macam apakah lo? MySpace

Kenapa lo kepikiran nulis ini, feb? Well, sebagai temannya mamahmuda dan calon ibu juga, gue kepikiran untuk menyusun strategi dan memprogram jadi ibu macam apakah gue nanti?

Kalo gue jadi ibu, gue pengen jadi ibu yang asik tapi mendidik buat anak gue. Bukan orang yang dihindari dan ga digubris sama anaknya. Emang ada feb yang kaya gitu? Ada. Banyak malahan!

Buat gue, ngedidik itu ga harus kaku, formal dan kolot. Gue mau menciptakan didikan asik buat anak gue nanti, dimana anak gue ga ngerasa tertekan dan nyaman di dalamnya. Gue memikirkan hal ini karena buat gue,anak adalah hasil didikan. Dan didikan ga pasti dari orang tuanya. Bisa aja dia mendapat pelajaran dari temennya, dari hal yang dia temuin di jalanan, dari media kaya TV dan sejenisnya, pokoknya,dari mana aja.

Gue ngaku deh, gue sering melakukan hal yang melanggar norma. Buktinya, gue ngelanggar lampu merah semalem di Rawamangun karena gue kebelet pipis. Untungnya, ga ada polisi disitu. Tapi gue janji, gue akan berusaha menaati norma yang ada MySpace

Anak bukan robot, kita semua tau hal itu, tapi banyak orang tua yang merintah anak buat ngelakuin hal yang ga disukain dan ngelarang anaknya melakukan hal yang dia minatin MySpace. Walaupun anak itu ga suka, beberapa anak terpaksa melakukan hal yang diperintah sama orang tuanya, dan mereka teriak dalem hati "Aku bukan robooooootttttt".

Kita ga bisa menyalahkan sepenuhnya orang tua yang maksain anaknya buat ngelakuin sesuatu yang mereka ga suka. Gue yakin, orang tua punya maksud yang amat sangat baik di balik itu semua. Remember guys, ga ada satupun orang tua yang pengen anaknya menderita ataupun terjerumus ke jalan yang salah, semua orang tuanya mau ngeliat anaknya sukses. Karena, anak = hasil didikan, orang tua lah yang berperan penting dalam membentuk karakter anaknya.

Terus gimana, feb kalo orang tuanya ga peduli sama anaknya ataupun dia ga punya orang tua? Percayalah, teman-teman. Mereka yang ga dapet perhatian cukup dari orang tuanya bukannya ga disayang, dan mereka yang ga punya orang tua bukannya ga diperhatiin. Pasti orang tua mereka punya alasan tersendiri kenapa mereka melakukan itu semua. Tapi ketika mereka ngeliat anaknya sukses, mereka ikut seneng dan ga jarang orang tua yang rada kurang ajar, tiba-tiba dateng,mengklaim, dan lalu pengen ikut ngerasain kesuksesan anaknya dasar matre. Tapi orang tua sejati adalah orang tua yang ga mengharapkan apa-apa dari anaknya dan cuma bisa tersenyum bahagia ketika merekamelihat anaknya berdiri tegak diatas dunia seperti ini MySpace

Anak=hasil didikan. Semua orang tua punya cara tersendiri buat mendidik anaknya menjadi orang yang lebih baik dari diri mereka. Baik cara yang halus ataupun kasar, kolot ataupun gaul, disukai ataupun tidak disukai, adalah cara mereka masing-masing untuk menuju satu titik = ngeliat anaknyabahagia dan jadi orang baik.


Tribute to emak and the parents all over the world MySpace

Tidak ada komentar:

Posting Komentar