Minggu, 25 Juli 2010

Museum Gajah : Sebuah Tempat, Sebuah Cerita


Tanggal 8 Juli Kemaren gue ngangon sepupu dan ade gue pergi ke museum nasional yang ada Jalan Medan Merdeka Barat yang di seberang Monas itu. Dengan modal duit dari bokap gue, akhirnya gue berangkat ngangon 2 sepupu, 2 keponakan, dan 1 adik yang paling gelap dirumah. Ini adalah pertama kalinya setelah 9 taun terakhir gue ga kesana. berubah ga ya kira-kira....
Ade gue yang di depan, yang dipegangin sama tangan misterius itu.
Di cuaca mendung kemaren, gue meluncur dengan ditemani abang gue 3 biji pastel bikinan gue yang baru digoreng MySpace . first was going good, tapi lama-lama, mendungnya mulai tebel, pas gue nyampe sana, ujan gede banget. Masalah datang, payung cuman 1 dikerubutin sama 7 orang yang tidak kecil. terpaksa sebagai yang gedean dan gentle girl (?), gue ngalah.
Masuk museum, gue diliatin dengan tatapan aneh sama orang yang masuk dengan kering-kering aja kesana, sementara gue, kaya orang kecebur dan tetap bersemangat ke museum, cuek aja. tapi kalo dikir-kira, kmarena penampilan gue pas masuk museum itu begini MySpace
Pas masuk, sekarang museum gajah udah tertata bagus ruangannya, sekarang udah ada 2 lantai, ada ruang emas sama perhiasan gitu-gitu, sayang sih dirungan itu ga boleh foto.
Ruangannya emang bagus, tapi kondisi arcanya udah lumayan mengenaskan. Ada yang mukanya udah ga lengkap, ada yang idungnya ilang, mukanya jadi bolong, tangannya ilang, menyedihkan pokoknya MySpace
Liat yang gue buletin itu?? itu adalah salah satu arca yang mukanya udah ga ketara lagi. gue ga ngerti masalah arca ya, entah rusak karena apapun, pokoknya rusak aja.
Kalo arca bertas oriflame ini,rusak darisananya. bukan, ini bukan gue *ga ngaku, siap-siap kabur*.
Abaikan mahluk berkaos hitam ini. ini abang gue, bukan penampakan. Kita liat arca aja. Liat arca yang tangannya ga ada itu??yang disebelah kanan, itu adalah salah satu arca yang ga punya tangan, entah tangannya dijadiin ulekan atau buat kegunaan lain, pokoknya tangannya ga ada.
Patung yang gede ini, udah ada dari jaman kuda, lama banget pokoknya, bawahnya itu gores-gores soalnya dulu kan patung itu letaknya di tengah sawah sebelum dipindahin ke museum gajah, jadi patung itu dimanfaatkan jadi asahan piso.
Mari kita pindah ke ruang lain...
sekarang gue akan share tentang ruangan yang ada gamelan, rumah-rumah adat, sama peralatan tradisional yang ada di indonesia.
Benda-bendanya disini so far so good, ada alat transportasi daerah kaya gerobak, terus karapan sapi, delman dan lain-lain. sayang gue ga foto-foto disitu, ga inget bakal gue masukin disini. pokoknya barang-barang disini selain arcanya masih bagus.

Gamelan lengkap + wayang kulitnya. *kalo liat ini jadi inget dalang Ki Mantep Sudarsono. itu loh yang ada di iklan oskadon~* masih bagus kan semuanya?! orang ada tulisannya "Mohon jangan dimainkan". Gimana mau dimainin, orang dikasih pembatas yang merah-merah itu.
Di ruang keramik, bendanya juga ga kalah bagus, ada keramik yang memang dari dalam negeri, dan memang dari luar negeri. contoh negara yang koleksi keramiknya ada disana tuh China, Jepang, Thailand, kebanyakan negara Asia deh pokoknya.
Ini adalah contoh keramik lokal.
Tebak, ini babi atau sapi?!
Jaman dulu, benda ini dibuat jadi celengan orang-orang primitif. ternyata orang-orang primitif Zaman dulu udah ngenal yang namanya nabung ya?! hebat. mungkin ini adalah cikal bakal celengan ayam, celengan semar, celengan robot, celengan zakumi dan babi celeng *kalo yang terkahir ini, gue agak ragu*.
Ini adalah contoh keramik dan patung koleksinya si Thailand
Dan masih banyak lagi koleksi keramik keramik antik yang ada disana.
Ga hanya keramik, arca, dan benda-benda tradisional, disana juga ada ruang tekstil yang berisi kain-kain tradisional indonesia mulai yang dibuat dari kulit kayu, sampe yang dibuat dari benang emas, semuanya ada.
Di ruang furniture, ada beberapa furniture kuno kaya kursi, kayu, meja, lemari, dan furniture-furniture lain. Jangankan kursinya boleh didudukin, digeser aja ga boleh.
But the coziest place in National Museum is the park. Bagus tamannya. Perasaan waktu 9 taun lalu ngga sebagus ini.

museum gajah ga mahal,kok. kalo ga salah cuman 3500 yang dewasa yang anak kecil 2500. murah kan?! Bisa nambah pengetahuan juga kan daripada cuman jalan-jalan di mall?!
Alright guys, gue harus ngelanjutin kerjain project baru gue biar cepet kelar. Kalo ada waktu, ayo kita jalan ke museum. Lestarikan museum, jangan sampe nanti anak atau cucu kita cuma denger cerita kita doang tentang museum-museum di jakarta. semoga museum ini tidak disulap menjadi sebuah mall ataupun apartement yang diiklankan di TV-TV setiap weekend. MySpace

Tidak ada komentar:

Posting Komentar