Sabtu, 17 Juli 2010

Failure

Have you ever been fail? Of course you can. start from a lil thing such as failed when you try to lying flat on your stomach when you were a baby, you must be have failed before.
Gagal, failed, ontbroken, échoué, ausfallen, venuto a mancare, falhado, fallado, ato apapun lo nyebutnya, pasti hal itu bikin lo sedih bahkan nangis. well waktu bayi dulu, lo mau nangis sekenceng-kencengnya karena gagal tengkurep juga orang maklum. lah kalo sekarang, lo mau nangis sekenceng-kencengnya karena gagal dalam hal apapun, bisa dipandang aneh sama orang. Apa sebutan yang sering lo pake buat seorang yang gagal? pecundang, loser, verliezer, perdant, Verlierer, perdente, vencido, perdedor? hmmm oke kalo itu menurut lo. mari kita share pemikiran disini. Buat gue, gagal bukan karena kita ga mampu atau karena kita ga bisa melakukannya dengan baik. mungkin ya, tapi buat gue, gagal itu ada beberapa penyebab :

  • Kurang usaha. iya ini bisa jadi salah satu faktor kenapa lo gagal. tapi penyebab yang gue tulis pertama kali ini khusus cuma buat orang yang santai-santai dirumah. yang kerjaannya cuma di depan tv gonta-ganti channel daripadi sampe pagi lagi. penyebab yang pertama ini cuma dialami oleh orang yang kerjaannya main tiap saat dan tiap waktu. sekalipun dia lagi dikelas ataupun di tempat kerja, pikirannya selalu main. tapi gue tekankan sekali lagi, tidak semua orang gagal disebabkan oleh kurang usaha.
  • Kurang berdoa. ini dia dopping spirit buat lo kalo lo lagi ngerasa lelah berusaha. Well, Jangan kenal menyerah, man! Tuhan juga males ngasih rejeki dan keberuntungan buat orang yang kurang minta sama Dia. Dia tuh mau umat-Nya deket sama dia. jadi selain berusaha, banyak-banyaklah berdoa.
Udah ngelakuin dua hal tadi, tapi masih gagal. why oh why baby? Apa yang kurang?
  • Takdir. ini dia yang paling penting. Lo ga akan bisa dapet kesuksesan kalo memang itu bukan jalan lo. Tapi bukan berarti karena takdir, lo bisa santai-santai. satu contoh, lo di suruh ibu lo belajar buat UN, trus lo nolak dan bilang sama ibu lo "nanti kalo udah takdirku lulus, aku juga bakal lulus kok, Ma." Salah besar, Kawanku. bukan begitu yang namanya takdir. takdir yang kaya begitu bisa aja kita rubah. yang tadinya harusnya kita lulus, jadi ga lulus gara-gara lo kurang usaha.
Nah, terus kenapa lo harus usaha dan berdoa? sedangkan garis kehidupan kan ada yang atur.

Itu dia! kalo lo ga berdoa dan berusaha, lo ga akan tau bahwa hidup itu amat sangat penuh perjuangan. Coba si Bill Gates contohnya, dia sangat berjuang buat mendirikan microsoft. Bill yang dikabarkan menderita autis ini cuma tidur 8 jam seminggu. seminggu lo bayangin! nomalnya kan 8 jam itu jam tidur kita per hari bukan perminggu. Berkat usaha keras dan doanya *mungkin, anggaplah dia berdoa kepada Tuhannya* dia berhasil punya kekayaan yang segitu banyaknya. yang katanya dia bisa beli semua negara kecil di Afrika, yang katanya dia bisa nelunasin utang Indonesia dengan SEDIKIT kekayaannya. yah pokoknya begitulah. Itu udah gars kehidupannya Bill Gates. Gimana dengan garis kehidupan kita?
Kita punya kemampuan buat nulis garis hidup kita. Istilah guenya sih, Tuhan bikin catetan hidup kita yang kaya begini tuh pake pensil, jadi suatu saat kalo Tuhan liat usaha kita, Tuhan bakal apus tulisan yang tadinya ga kita inginkan, jadi apa yang kita inginkan deh.
Oke sebelum tambah ngelantur kita balik ke topik asal.

Gimana dengan orang yang sedikit usaha dan minim doa, tap rezekinya bagus. contohnya, dapet univ negeri yang orang impi-impikan gitu?!
Itu udah jadi garis hidupnya dia. kenapa Tuhan ga mau ubah sementara tu orang sedikit usaha dan minim doa? Tuhan ga mau ubah itu garis hidup dia, soalnya Tuhan mau bales kebaikan yang dia buat. Pasti semua orang pernah melakukan kebaikan dong?! contoh kecilnya, minggirin batu kerikil ditengah jalan. kalo ada orang nginjek batu kerikil itu sakit kan?! jadinya lo menyelamatkan sebuah kaki dari sebuah kesakitan yang diakibatkan batu itu. Remember guys, jangan pernah ragu buat melakukan kebaikan, karena pasti Tuhan akan membalasnya berlipat-lipat ganda. Lagipula, ga ada ruginya jadi orang baik. Lo akan disayang keluarga lo, temen lo, orang-orang lain, dan yang paling penting, Tuhan tambah sayang sama lo.

Kok Tuhan gitu? ga Adil dong?!
Eits, buang jauh-jauh pikiran itu, My friend. Tuhan begitu bukan karena engga adil. Tuhan ga kasih lo kesuksesan dalam suatu hal karena Tuhan tau, lo ga akan kuat menghadapi kesuksesan itu. Tuhan tau, itu tempat atau kesuksesan itu kurang atau bahkan ga baik buat lo. Trust me, Tuhan selalu kasih yang terbaik buat lo. Semua orang pasti pernah dan akan sukses, entah dalam hal apa, kita ga tau.

Jadi intinya dalam tulisan gue yang agak rumit dan sedikit tidak penting ini adalah, Tuhan sayang sama lo, Bung! Tuhan pasti akan kasih yang terbaik buat lo, gue, dan kita semua. Jadi jangan pernah bertanya tentang kasih sayang Tuhan ke lo. banyak sampe ga keitung. Jangan anggap lo gagal karena Tuhan ga sayang lo, justru Beliau akan kasih yang terbaik buat lo, soon or later....
Maka, yang muslim, ayo kita sholat, yang kristen, jangan absen ke gereja, yang hindu jangan telat dateng ke pura, yang buddha jangan males ke vihara, pokoknya agama apapun, jangan pernah ragu dengan Tuhan.
Oke terima kasih telah membaca pemikiran gue. what bout you guys? boleh loh share sama gue disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar