Jumat, 02 Desember 2011

Blackberry oh Blackberry

Siapa yang ga kenal merk handheld yang lagi terbang melayang melambung tinggi di Indonesia ini? Semua orang tau blackberry, dari yang tua sampe anak kecil. Dan anak playgroup sampe nenek-nenek gahuls, dari yang cakep sampe yang agak kurang cakep, pokoknya semua kenal blackberry. Pasti temen-temen juga masih inget tentang kejadian di Pasific Place yang dampaknya cukup dahsyat.
Berikut adalah dampak ketenaran Blackberry di Indonesia menurut sudut pandang gue. Ini ga berlaku buat semua pengguna blackberry, sebagian besar pengguna yang gue amati melakukan hal ini. Let's check it out:
1. Kenalan
Dulu orang baru kenal, lalu bertukar nomor handphone. Sekarang. kelanjutan dari perkenalan adalah "gue minta pin lo dong." Kira-kira, kayak gini ilustrasinya...

Begitulah. Padahal kenyataannya ga semua orang pake blackberry. Perkenalan yang berlanjut dengan minta pin bb akan terasa sedikit krik-krik ketika respon dari lawan bicaranya adalah "wah, gue ga pake bb tuh."

2. Blackberry is addictive
Oke, emang ga cuma blackberry, smartphone lain juga, tapi pemandangan orang yang lagi megang blackberrynya akan terihat ketika lo naik busway, di mall, atau di tempat umum lain. Coba lo test salah satu temen lo, atau do self test, pisahin diri dari blackberry selama 4 hari. Maka dihari ketiga, objek test tersebut akan mengalami tekanan darah tinggi, hilang kendali, dan mungkin berakhir dengan sakau. Banyak diantara pengguna blackberry lupa sama keselamatan diri mereka ketika sedang berduaan sama blackberrynya. Nyebrang lupa kanan kiri, nyetir motor sambil bbm-an, dan bahkan ga sedikit orang yang nyetir mobil sambil bbm-an.
pemandangan yang sering banget terlihat di lampu merah

Sejak adanya smartphone, jadi ada undang-undang yang melarang pemakaian handphone ketika mengemudi. Gue adalah salah satu orang yang nyetir sambil megang handphone *menghilang di keramaian* MySpace

3. Broadcast Message, si ungu yang minta di end chat
Broadcast Message adalah pesan dari bbm yang bisa dikirim ke semua contact di blackberry lo. Membedakan pesan ini adalah broadcast message atau engga adalah : broadcast message tulisannya warna ungu. Ntah berisi hoax maupun fakta, beberapa orang seneng banget ngirim Broadcast Messsage berisi sebuah berita, ntah itu berita benar, bohong, tentang ariel peterpan ataupun hantu di gang subur deket rumahnya si Vina. Ga cuma gossip, Broadcast Message juga sering berisi hal ga penting seperti "test contact. just ignore." atau "minta saran dong, enaknya gue makan ketoprak atau siomay ya malem-malem begini" dan hal yang paling ga penting misalnya "menurut kamu aku cantik ga?? kalo iya PING ya". Dan hal yang ga penting lain yang bisa bikin emosi memuncak.

4. Jarkom di BBM
Buat anak kuliahan, jarkom amat sangat penting. Kalo dosen mendadak ga masuk, penanggung jawab kelas harus kasih tau yang lain supaya ga repot-repot dateng kuliah pada jam itu. Dan seringkali, jarkom dilakukan via BBM. Lalu bagaimana nasib orang yang ga pake BB??
Biasanya orang yang ga pake baru nerima belakangan informasinya setelah dia dateng ke kelas. Well, intinya orang yang ga pake bb akan ketinggalan banyak informasi karena biasanya orang yang pake bb cuma beli pulsanya buat paket bbm, dan ga akan sms temennya yang bukan pengguna blackberry sebelum temennya itu sms ke dia dan marah-marah,

5. Lebih eksis
Kebanyakan, mereka yang pake blackberry bukan eksis karena personal branding mereka yang bagus, mereka eksis karena kemanapun kaki melangkah, mereka check in di foursquare. Makan apapun, mereka foto lalu di twitpic. Kalo kesiangan, hal yang pertama kali mereka lakukan adalah ngetweet. Kalo liat sesuatu yang agak aneh, mereka langsung foto dan upload di facebook. kalo mules, mereka langsung update status bbm dan bilang : hua sakit perut gara-gara makan ketoprak sisa semalem.
Jadi eksis kan?!

6. PDKT jadi lebih lancar
Nah, inilah salah satu benefitnya bbm. Orang pdkt jadi lebih lancar. Ga perlu takut keabisan pulsa kalo udah maketin bb. BBMan sampe jempol lo kurus dan memanjang juga ga bakal keputus kalo baterenya ga abis. Tapi, lo akan ngerasa sebel ketika di bbm gebetan lo, status pesan lo hanya chacklist dengan huruf R diatasnya tanpa ada balasan.

7. BB = Boros Batere
Lo akan rajin ngecharge ketika lo pake bb. Koneksi internet yang ga pernah putus, dengerin musik sambil nunggu, dan bbman tanpa henti jadi faktor yang bikin bb lo berubah singkatan jadi boros batere.

8. BB = Bulanan Berat
Blackberry Internet Service yang harganya lumayan itu bikin orang jadi rela nabung dan beli pulsa banyak biar BIS-nya bisa nyala.

10. Ga ketinggalan informasi
Well, ini sih tergantung kebijakan si pemakai ya. Kalo mereka mau terus up to date ke portal-portal berita, mereka akan jadi manusia ter up to date di RT nya karena blackberry mereka telah digunakan sesuai dengan kegunaannya.

11. My bestfriend is my blackberry
Sekarang semua orang udah ga keberatan lagi buat suruh nunggu, ga marah kalo janjian tapi dateng telat, dan ga gondok ditengah kemacetan. Asal blackberrynya nyala dan bunyi terus, mereka akan bersedia nunggu selama apapun. Dan ketika blackberry mereka mati, rasa gondok akan bertambah 8x lipat.

Itulah 11 dampak tenarnya blackberry di Indonesia. Gue salah satu pemakai blackberry juga kok. Sekali lagi, ga semua orang yang pake blackberry ngelakuin 10 hal diatas kok. Ga bermaksud ngejelekin pihak tertentu juga. Tapi mayoritasnya begitu. Hayo, adakah kriteria tersebut yang nyangkut di lo??
Adios! MySpace

13 komentar:

  1. bener peb!
    tapi gue gak addict2 banget sih. BB tuh jadi bermanfaat saat kita lg menunggu sesuatu (biar ga bete) juga ga ketinggalan informasi hehehe.

    dan bener banget, BB is boros batere abissss! najong pokonya -_________________________-'

    BalasHapus
  2. hahahaha gue gak punya BB -__-" bingung harus sedih atau seneng ye? -.-

    BalasHapus
  3. Aku gak pake BB -__-'' tapi biasa aja sih kayaknya mau pake BB atau pake HP yg lain :P cuma dilebih2kan aja orang yg pake BB :3 iphone juga bagus kok ;)

    BalasHapus
  4. Buat gua sih BB berguna buat kontak2an sama klien...

    BalasHapus
  5. *elus-elus dada untung belon ketularan :p
    aku suka blognyaa, keren! :D

    BalasHapus
  6. vina : semoga lo ga jadi addict bb pin. kalo addict susah lepasnya -__-
    beby : relatif, seneng sedihnya kan lo yg tau. :D
    basith: pada dasarnya semua hp sama kok tapi kebanyakan yang pake bb pada "mengeksklusifkan diri" karena adanya bbm
    claude : bb punya arti tersendiri buat masing2 penggunanya kok. tapi kebanyakan pengguna bb yang gw temuin bercirikan hal2 yang gw tulis disini :D

    all : thx for visiting ya. will visit yours soon

    BalasHapus
  7. ratri : wah makasi ya dibilang keren. makasi juga visitnya :D
    iya semoga kamu ga ketularan jadi bb addict :D

    BalasHapus
  8. diriku bukan pengguna BB...wah,,serem jg klo udh addict gtu -____-

    salam kenal ;)

    BalasHapus
  9. Sbgai mantan pngguna, isinyaaa semuanya faktaaaa anjiiirr
    keren!
    Boros batre boros pulsa, apalagi ada sbuah operator yg rada suka nyedot pulsa lebihhh.
    Dan hal yg dbnci pngguna BB adalah ktika BBM delay wkk.
    Sekian.
    *lalu bubar*

    BalasHapus
  10. gue ga punya BB, dan sepertinya BB ga cocok buat sama .__.

    BalasHapus
  11. *manggut-manggut* pantesan..
    pernah saya curhat ke temen yang lg megang BB, eh saya udah kayak ngomong sama batu..
    dikacangin-___-
    #eh jadi curhat :p

    BalasHapus
  12. bener kak. boros batereee padahal cuma buat bbm, sms, dan twitteran --"

    BalasHapus
  13. ca ya : halo salam kenal juga

    rizki : hehe iya makasi :D

    zihny : kalo belum pernah pake bb, mending jangan daripada jadi kecanduan BB :p

    puput : haha iya aku juga pernah kaya gitu

    funy : abis pake bb pasti tagihan listrik jadi naik karena jadi sering nge-charge

    all : thanks for coming ya. gonna visit your soon :D

    BalasHapus