Rabu, 09 Maret 2011

Music Day


Selamat hari musik nasional guys. Mungkin sekarang orang udah mulai banyak tau kalo tanggal 9 Maret adalah hari musik nasional. Kenapa tanggal 9 Maret?? Kenapa ga ditaro di hari sisa hari lain?? Kan masih ada 364 hari lainnya.

Hari Musik Nasional ditaro di tanggal 9 Maret karena tanggal ini adalah tanggal lahir Wage Rudolf Supratman, komponis cihuy yang menciptakan lagu Indonesia Raya.

Kenapa diadakan Hari Musik Nasional di Indonesia??

Awalnya pada tahun 2003, Presiden Megawati Soekarno Putri menetapkan hari musik nasional karena maraknya pembajakan yang terjadi di Indonesia. Penjualan album original pun menurun tajam dan para musisi merasa dirugikan. Maka dari itu mereka minta pemerintah buat menetapkan hari musik dengan tujuan supaya masyarakat lebih menghargai karya mereka. Beli yang asli dan stop piracy.

Tahun 2003, penjualan CD original menurun. Tapi di tahun 2011 ini, ga cuma penjualan CD original aja yang menurun. CD bajakan juga. Kenapa begitu?? Karena sekarang kalo mau punya lagu dari musisi manapun, tinggal download. Just click! and It's free. Dulu kalo mau beli MP3 bajakan harus keluar uang 7000 rupiah. Sekarang tinggal duduk di depan komputer, buka search engine kaya om google ataupun tante yahoo, tulis judul lagunya, klik salah satu link, terus langsung ke download. Lebih simple dan murah daripada harus beli album bajakan, apalagi yang asli.

Gue juga ga bisa nyalahin orang-orang yang lebih memilih download ataupun beli MP3 bajakan. Mengingat harga CD asli yang jauh lebih mahal daripada yang bajakan. Harga CD asli musisi Indonesia sekitar 30ribu/keping. Dan harga CD musisi Internasional paling murah sekitar 75ribu/keping, bahkan banyak yang diatas 100ribu/keping. Sedangkan harga MP3 bajakan cuma 7000/keping dan ada ratusan lagu di dalemnya.

Lebih efisien lagi download. Kalo ke warnet, cuma 5000/jamnya dan lo bisa menjarah lagu-lagu di internet. Bisa milih lagi lagu mana aja yang pengen lo download. Lebih murah kan?!

Orang yang beli bajakan atau ngedownload ga sepenuhnya salah. Uang 30000 yang cuma bisa buat beli 1 keping CD asli itu bisa diefisienkan lagi kok. Beli aja CD bajakan 1, atau ke warnet 1 jam. Lalu download. Sisa uangnya bisa buat beli makanan. Kembaliannya masih bisa buat beli nasi padang. Perut kenyang, lagu yang dimau dapet, hatipun senang.

Gue memandang harga CD asli yang mahal itu sebagai sebuah ironi. Semua orang butuh hiburan. Dan musik adalah salah satu hiburan buat melupakan beban hidup dan mengekspresikan isi hati. Musik bukan cuma punya mereka yang mau beli CD asli. Musik milik semua orang, ga peduli dia cakep atau jelek, miskin atau kaya, jerawatan atau mulus, berjenggot atau engga. Semua orang boleh dengerin musik dan bermusik. Masa iya orang yang punya penghasilan kecil ga boleh punya musik di hp nya?? daripada mereka beli cd asli, gue yakin mereka lebih milih beli MP3 bajakan dan sisanya mereka gunain buat beli makan.


Tapi dampak dari kasus diatas adalah, musisi jadi menderita kerugian yang ngga sedikit. Yang harusnya mereka dapet royalti, mereka jadi cuma bisa nahan kesel sendiri. Emang sih uang mereka udah banyak. Tapi ayo kita posisikan diri kita di tempat musisi-musisi itu. Kalo misalnya kita punya karya lalu kita di bajak, pasti jadi kesel sendiri.

Well, gue juga ngaku kalo gue lebih sering download daripada beli CD asli. Tapi kadang gue juga beli karya asli mereka sebagai bentuk apresiasi gue atas karya mereka.

Kalo para musisi Indonesia mau dihargai karyanya, alangkah bagusnya kalo mereka menyajikan karya yang original, tanpa meng-copycat atau menjiplak dari musisi lain. Lebih bagus lagi kalo mereka bermusik dari hati, bukan cuma mengejar materi dengan menyesuaikan karya mereka dengan selera pasar sampe-sampe genre lagu di Indonesia hampir sama di Indonesia.

Menyajikan musik yang bermutu emang ga gampang. Tapi musik Indonesia akan lebih baik kalo dihiasi sama karya-karya yang bagus, berwarna, dan bermutu. Bukan musik asal jadi dengan mengikuti selara pasaran dan jalan dengan modal non musik yang mereka punya. Contoh modal non musik adalah muka yang bagus, duit yang banyak, body yang keren, cerita hidup yang miris dan menyentuh orang, ataupun kenal sama 'orang dalem' di sebuah label.

Selamat hari musik Nasional buat semua penikmat musik Indonesia. Semoga penikmat musik makin bisa mengapresiasi karya para musisi.

Selamat hari musik Nasional buat para musisi Indonesia. Sajikanlah kami musik yang bermutu sehingga kami lebih pintar mengapresiasi karya kalian.

4 komentar:

  1. slamat hari musik nasional :D

    BalasHapus
  2. sama2
    selamat hari musik nasional juga buat kamu.
    thx for visiting and comment ya :D

    BalasHapus
  3. selamat hari musik nasional peboyyyy, semoga kamu jadi penyanyi terkenal hihihi =))

    btw bener banget tuh sama apa yg lo omongin : "Kalo para musisi Indonesia mau dihargai karyanya, alangkah bagusnya kalo mereka menyajikan karya yang original, tanpa meng-copycat atau menjiplak dari musisi lain. Lebih bagus lagi kalo mereka bermusik dari hati, bukan cuma mengejar materi dengan menyesuaikan karya mereka dengan selera pasar sampe-sampe genre lagu di Indonesia hampir sama di Indonesia"

    gue sukaaaaaa, nanti gue kutip ah di postingan gue soal musik hehehe =))

    thats why gue lebih demen musik indie daripada musik mainstream yg mendayu-dayu itu, lebay abis :p

    btw nice post deh pokonya. jempooooolllll (o.o)b

    BalasHapus
  4. amin trima kasih supina *cium lepek* *peluk sesek*

    makasi jempolnya, makasi udah baca, makasi udah komen. makasi buat semuanyaaaaa....

    silahkan di kutip i feel honored if you post my words on your blog

    BalasHapus