Rabu, 01 Desember 2010

Gaul

Apa arti gaul sebenernya?? Well, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia gaul berarti hidup berteman (bersahabat). Tapi, menurut definisi lain, gaul adalah tren anak muda yang digunakan untuk menilai kepopuleran. Berakar dari pergaulan yang bermakna komunitas, kata gaul berupa parameter tren kata atau baju atau benda yang dipakai apakan sudah mengikuti tren yang ada atau tidak.

Mungkin definisi yang terakhir adalah definisi yang banyak dianut oleh banyak anak muda nan gaul dan sedikit labil sekarang ini, atau mungkin udah berubah lagi.

Well, sekarang yang gue tangkep adalah, gaul berarti hidup kebarat-baratan, gaul lebih cenderung ke western. Kalo cara hidup lo ga ngikutin cara hidupnya teenagers di America, Eropa, Ciledug atau negara maju lain, maka lo ga gaul.

Contoh yang pernah kejadian sama gue adalah....

Anak gaul : Feb, lo ada rokok ga?

Gue : Wah, sorry gue ga ngerokok. Nyium bau rokok aja gue udah sesek napas.

Anak gaul : Ah, ga gaul lo, Feb.

Gue :MySpace

Kalo boleh jujur, gue lebih milih dibilang ga gaul dan hidup lebih lama daripada gaul dan cepet mati karena rokok.

Mungkin itu adalah contoh satu dari ribuan anak gaul diluar sana. Contoh lain yang mengejutkan adalah free sex yang merajalela di Indonesia. Semua orang tau, bahkan temen-temen gue yang memang lahir, tinggal, dan gede disana pun tau kalo Indonesia adalah negara yang menganut FREEDOM without FREE SEX.

Bukti Indonesia khususnya Jakarta mulai menganut free sex adalah langkanya jumlah teenager yang masih virgin. Terbukti sebesar 51% cewe dengan rentan umur 15 - 21 taun sudah pernah melakukan hubungan yang harusnya tidak dilakukan oleh mereka yang belum menikah. Menurut anak gaul zaman sekarang, kalo lo ga melakukan habit teenagers disana, maka lo ga gaul. Kalo lo ga ngerokok, lo kurang asik. Kalo lo ga nge-beer, lo ga gaul. Kalo lo ga free sex, lo ketinggalan zaman.

Gue pribadi lebih setuju dengan definisi gaul menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia tadi. Buat gue, gaul ga harus menjadi seseorang dengan paham western dan ngikutin trend dengan ngerusak badan sendiri. Anak gaul bukan berarti ga bagus. Gue sama sekali ga bermaksud untuk men-judge negatif pihak manapun dan dari golongan manapun.

Menjadi gaul ataupun ga gaul itu pilihan yang harus kembali ke diri masing-masing. Jadi gaul itu ga jelek, tapi alangkah bagusnya kalo lo kembali mengingat norma-norma yang berlaku di tempat dimana lo tinggal sekarang ini, dan mengingat apa yang diajarkan sama Tuhan lo.

2 komentar:

  1. haishhh!
    masa mau gaul musti ngerokok, free sex, etc gitu. itu mah gaul ala penghuni neraka hahaha :p

    BalasHapus
  2. huahahaha buset penghuni neraka?? serem amat
    eh tapi bener juga sih ya pin :D

    BalasHapus